Kamis, 19 November 2015

kisah abu lahab

Kisah islam
Kali ini saya menulis artikel kisah islam tentang kisah abu lahab. simak kisah selengkapny disini
Setiap muslim pasti mengenal nama abu lahab karena namanya diabadikan dalam Al-qur’an. Ia terkenal karena kebenciannyayang sangat mendalam  kepada nabi Muhammad dan ajaran yang dibawahnya.
Sebagaimana yang tertulis dalam Al-qur’an sebagai berikut di surah al-lahab
QS. Al-Lahab 1-5:

تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ
Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa. (1).
.
مَا أَغْنَىٰ عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَبَ
Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan. (2)
.
سَيَصْلَىٰ نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ
Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak. (3)
.
وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ
Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar. (4)
.
فِي جِيدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ
Yang di lehernya ada tali dari sabut. (5)

Al-Bukhori meriwayatkan dari Ibnu Abbas, suatu ketika Rasulullah SAW pergi ke lembah Al-Batha dan menaiki bukitnya, kemudian berteriak:
(Wahai manusia, datanglah kemari).
maka orang-orang Quraish pun berkumpul di sekitar Beliau.
.
Kemudian Beliau berkata:
(jika aku katakan kepada kalian semua, bahwa ada musuh yang akan menyerang kalian di waktu pagi dan petang, apakah kalian mempercayaiku?)
“Ya” sahut mereka yang berkumpul.
Kemudian Rasulullah SAW melanjutkan:
(Maka sesungguhnya aku adalah pemberi peringatan yang dikirim kepada kalian semua sebelum datangnya azab yang sangat pedih)
Salah seorang dari mereka, yaitu Abu Lahab kemudian berkata: Celakalah engkau Muhammad, Apakah hanya untuk ini engkau mengumpulkan kami semua disini?

Abu lahab merupakan salah satu paman nabi. Nama aslinya adalah Abdul Uzza bin Abdul Muttalib. Nama panggilannya addalah abu utaybah. Wajahnya yang terang dan menyala-nyala sehingga ia dipanggil abu lahab.
.
Ibnu Mas ud berkata suatu ketika Rasulullah SAW mengajak orang-orang Quraish kepada keimanan, lalu Abu Lahab berkata: “Seandainya apa yang dikatakan keponakanku itu benar, maka aku akan melindungi diriku dari pedihnya azab pada hari kiamat nanti dengan hartaku dan anak-anakku”.
Padahal di dalam surat Al Lahab Allah SWT sudah menyebutkan yang artinya: “Tidaklah berguna hartanya dan keturunannya.

Akhir hidup abu lahab berakhir dengan tragis, ia meninggal setelah bertambah sakit karena mendapat kabar bahwa pasukan kafir quraysy kalah dalam perang badar. Ia meninggal dalam keadaan yang sangat mengerikan. Diriwayatkan bahwa orang-orang kafir, bahkan teman-teman dan keluarganya enggan mengurus jenazahnya karena keadaan sakitnya yang menjijikkan dan timbul bau busuk dari penyakitnya. Inilah akhir hidup seorang musuh Allah. Selama tiga hari jasadnya dibiarkan tergelatak tak ada yang menguburkannya karena tidak ada warga yang berani mendekati jasadnya. Baru setelah tiga hari karena baunya bertambah menyengat warga baru menggali lubang kuburan untuk abu lahab dan prosesi peguburan berlangsung sangat mengenaskan, bangkai abu lahab hanya didorong-dorong sebilah kayu hingga masuk lubang kuburan, serta dari jauh warga melempari dengan batu hingga warga memastikan kalau jasadnya telah tertutup rapat.

Istrinya bernama ummu jamil yang artinya wanita cantik namun prilakunya tidak tidak sesuai dengan julukannya. Ia setali tiga uang dengan suaminya dalam memusuhi nabi Muhammad.ummu jamil sangat senang apabila nabi terluka. Kalau malam hari ia sering menyimpan kayu-kayu beerduri dijalan yang biasa dilalu nabi saw. Sehingga kalau nabi lewat pada malam/subuh nabi menginjak kayu berduri tersebut. Dia juga sering memfitnah dan mengadu domba masyarakat mekkah agar membenci nabi Muhammad saw. Dia dijuluki pembawa kayu bakar karena suka membakar emosi masyarakat makkah agar membenci islam.
Perilaku buruknya sendiri yang membawanya menemui ajalnya. Prilaku buruk tersebut ialah suka melilitkan tali di lehernya saat membawa kayu berduri untuk mencelakai nabi.  Ummu jamil meninggal karena tercekik tali yang digunakannya untuk membawa kayu. Kelak di akhirat, ia akan disiksa juga dengan tali. Dinyatakan oleh Allah bahwa di neraka, leher Ummu jamil diikat dengan tali dari api neraka jahannam.  Ummu jamil meninggal karena tercekik tali yang digunakannya untuk membawa kayu. Kelak di akhirat, ia akan disiksa juga dengan tali. Dinyatakan oleh Allah bahwa di neraka, leher Ummu jamil diikat dengan tali dari api neraka jahannam. Hal ini telah diterangkan allah swt dala al-quran yaitu di surah al-lahab yang merupakan salah satu surah terpendek dalam al-qur’an.

Surat ini menjadi bukti keberan Allah karena memprrediksi dengan tepat apa yang belum terjadi ketika surat ini di turunkan.  Ummu jamil meninggal karena tercekik tali yang digunakannya untuk membawa kayu. Kelak di akhirat, ia akan disiksa juga dengan tali. Dinyatakan oleh Allah bahwa di neraka, leher Ummu jamil diikat dengan tali dari api neraka jahannam. Ummu jamil menanyakan di manakah Muhammad, padahal saat itu Nabi sedang duduk tepat di samping Abu Bakar. Ummu jamil tidak dapat melihat Nabi karena penglihatannya ditutup oleh Allah sehingga ia hanya melihat Abu Bakar. Padahal Nabi sedang duduk di samping Abu Bakar.
Abu bakar heran kenapa Ummu Jamil menanyakan dimana Nabi (padahal berada di sampingnya), maka Abu bakar bertanya apakah Ummu jamil hanya melihat Abu Bakar dan tidak melihat orang lain di sampingnya? Maka Ummu jamil bertambah marah karena merasa diolok-olok oleh Abu bakar seraya menjawab “Apakah engkau bermaksud menghinaku? Aku tidak melihat siapa - siapa selain kau!” Inilah salah satu mukjizat Nabi. Adalah mudah sekali bagi Allah melakukan hal ini.

Inilah rigkasan singkat saya tentang kisah islam mengenai kisah abu lahab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar