Selasa, 24 November 2015

Kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis

Dalam al-quran terdapat suatu kisah seorang nabi yang sangat bijak dan seorang ratu yang menye,bah matahari yaitu kisah nabi sulaiman dan ratu balqis, simak kisah singktanya di artikel berikut ini tentang kisah sulaiman

kisah nabi sulaiman dan ratu  balqis
Nabi sulaiman merupakan keturunan dari  yahuza bin ya’qub adalah putra dari raja daud. Sejak kecil sudah menunjukkan kecerdasan dan ketajaman pikirannya. Nabi sulaiman diangkat menjadi raja dikerajaan Israel menggantikan ayahnya yang wafat.
Ia berkuasa bukan hanya dialam manusia, namun juga dialam makhluk halus semisal  jin, hewan dan binatang. Beliau dapat mengerti bahasa makhluk tersebut.
Nabi sulaiman tergolong nabi yang sangat kaya raya, sehingga tak mengherankan jika istana kerajaannya sangat megah nan indah. Dibangun dengan kerjasama antara manusia, jin dan hewan. Kemewahan istananya berdinding batu pualam, tiang dan pintunya emas dan tembaga, atapnya dari perak dan ukirn-ukirannya ter buat dari mutiara, intan, berlian dan sebagainya.

Keistimewaan yang dimiliki nabi sulaiman adalah mampu berbicara dan memahami bahasa hewan. Sehingga makhluk-makhluk itu mengikuti perintahnya. Sebagaimana yang dikisahkan dalam surat an-naml:16

وَوَرِثَ سُلَيْمَٰنُ دَاوُۥدَ ۖ وَقَالَ يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ عُلِّمْنَا مَنطِقَ ٱلطَّيْرِ وَأُوتِينَا مِن كُلِّ شَىْءٍ ۖ إِنَّ هَٰذَا لَهُوَ ٱلْفَضْلُ ٱلْمُبِينُ.

Yang artinya “Dan Sulaiman telah mewarisi Daud, dan dia berkata: "Hai Manusia, kami telah diberi pengertian tentang suara burung dan kami diberi segala sesuatu. Sesungguhnya (semua) ini benar-benar suatu kurnia yang nyata".

Keistimewaan nabi sulaiman yang lain adalah mampu menundukan jin dan dapat memerintahkan apa saja. Termasuk mengambil tembaga cair dari dalam perut bumi untuk dijadikan perkakas, dinding benteng, piring-piring besar dan tungku.

Nabi sulaiman terkenal sangat bijaksana, pernah suatu ketika terjadi perselisihan antara dua orang, satunya pemilik kambing yang satunya pemilik kebun padahal pada saat itu usianya masih sangat mudah. Pada masa itu, bapak nabi sulaiman memutuskan bahwa yang bersalah adalah pemilik kambing karena masuk ke kebun dan memakan tanamannya. Dan harus menyerahkan kambingnya ke pemilik kebun karena telah merusak tanaman kebun tersebut. Mendengar keputusan bapaknya nabi sulaiman menyelahnya dengan mengatakan
“wahai bapaku, menurut pandanganku, keputusan itu sebaiknya berbunyi, kepada pemilik tanaman yang telah musnah tanaman diserahkanlah kambingnya untuk dipelihara, diambil hasilnya dan dimanfaatkan bagi keperluannya. “Manakala tanamannya yang binasa itu diserahkan kepada pemilik kambing untuk dijaga sehingga kembali kepada keadaan asal. Kemudian masing-masing menerima kembali miliknya, sehingga dengan cara demikian masing-masing pihak tidak ada yang mendapat keuntungan atau menderita kerugian lebih daripada sepatutnya. Pendapatnya kemudian diterima kedua belah pihak, dan khalayak ramai yang menyaksikan pembicaraan itu kagum dengan kebolehan nabi sulaiman menyelesaikan pertikaian.

Dari peristiwa itu, nabi sulaiman dikenal dan semakin berwibawa dan juga sekaligus sebagai permulaan kenabian nabi sulaiman. Nabi daud melihat kepandaian yang ditonjolkan nabi sulaiman mempersiapkannya sebagai pengganti dalam kerajaan bani Israel.

Kakaknya absyalum tidak merelakan hal adiknya melangkah lebih jauh dalam memperluas pegaruhnya. Karena menganggap adiknya itu masih muda dan ingin megambil tahta itu dari ayah dan adiknya. Dia dengan cepat menyelesaikan masalah yang dihadapi rakyatnya sehingga ia dikenal baik dan pengaruhnya semakin luas.

Hingga suatu waktu absyalum mendaulat dirinya sebagai raja dan merampas kekuasaan bapaknya. Tindakannya meyebabkan kekacauan dibani Israel. Melihat keadaan itu nabi daud meniggalkan menuju bukit zaitun dengan melewati sungai Jordan demi menghindari pertumbahan darah. Keangkuhan absyalum membuatnya buta dan ingin memasuki istana bapaknya. Kemudian nabi daud memohon kepada Allah agar diberikan petunjuk supaya istananya tidak dihancurkan oleh anaknya sendiri. Kemudian Allah memberikan petunjuk agar memerangi absyalum anak yang durhaka itu. Namun nabi sulaiman berpesan agar tidak membunuh absyalum, bahkan jika memungkinan harus ditangkap hidup-hidup. Namun kuasa Allah diatas segalanya, absyalum ditakdirkan mati juga karena mau berperang melawan tentara bapaknya. Seusai perang nabi daud kembali ke istanana dibukit zaitun dan menghabiskan waktunya selama 40 tahun sebelum melepas tahta kepada nabi sulaiman.

Kisah nabi sulaiman dan ratu balqis penyembah matahari
Dikisahkan dalam al-quran, pernah suatu waktu nabi sulaiman mengumpullkan seluruh tentaranya beserta makhluk lainnya, namun nabi sulaiman tidak melihat burung hud-hud. Setelah burung hud-hud datang, ia membawa berita bahwa terdapat suatu negeri yang megah dan belum diketahui oleh nabi sulaiman dan tentaranya. Yang dipimpin seorang ratu yang bernama ratu balqis dan seluruh rakyatya menyembah matahari. Untuk memastikan kebenaran berita yang dibawa di burung hud-hud, nabi sulaiman mengirimkan surat kepada sang ratu. Isi surat yang dikirim nabi sulaiman kepada ratu balqis menerangkan bahwa tiada tuhan yang patut disembah selain Allah swt yang maha pengasih dan maha penyanyang. Jangan menuruti hawa nafsu, jangan merasa paling berkuasa dan datang ke istana nabi sulaiman dengan menyerahkan diri.

Setelah membaca surat nabi sulaiman, ratu balqis berunding dengan para pembesar dan penasehat istananya, namun para penasehat dan pembesar istana mengembalikan kepada sang ratu bagaimana keputusannya. Ratu balqis menginginkan peperangan dan jalan kekerasan namun ia mengurungkan niatnya dan mengirimkan hadiah untuk nabi sulaiman dengan harapan dapat menumbuhkan hubungan yang baik.

Hadiah yang dikirim ratu balqis ditolak oleh nabi sulaiman dan menyuruh utusan sang ratu untuk kembali ke istananya dan menyampaikan pesan bahwa ia akan menyerang kerajaan saba. Sesampai di kerajaan saba, utusan ini menceritakan yang alami di yaman. Ratu balqis kemudian berhajat untuk bertemu langsung dengan nabi sulaiman. Nabi sulaiman kemudian memerintakan tentaranya yang berupa manusia, jin dan hewan untuk mempersiapkan kedatangan ratu balqis karena telah mengetahuinya lebih awal. Nabi sulaiman kemudian menitahkan untuk memindahkan singgasana ratu balqis ke istana nabi sulaiman.

Setelah ratu balqis tiba di istana nabi  sulaiman, ia kemudian ditanya “seperti inikah singgasanamu”. Tanya nabi sulaiman. “seakan-akan singgasana ini singgasanaku” jawab ratu balqis, ia kemudian dipersilahkan untuk masuk. Peristiwa  itu membuat ratu balqis sangat malu karena merasa singgasananya yang paling megah.

Kematian nabi sulaiman.
Waktu nabi Sulaiman telah meninggal, tak ada jin yang tahu. Mereka terus menerus bekerja karena menyangka bahwa Sulaiman masih hidup, sebab masih berada pada posisi berdiri sambil berpegangan pada tongkatnya. sementara itu, rayap terus menerus memakan tongkatnya. Kematian Sulaiman diketahui setelah ia rubuh ke tanah karena tongkatnya telah patah dimakan rayap. Hal ini membuktikan bahwa jin tidak mengetahui hal yang gaib.

Kalau jin tahu hal yang gaib (dalam hal ini kematian Sulaiman), tentu mereka akan berhenti bekerja sebab nabi Sulaiman yang mengawasi telah tiada. Hal ini membuka kebohongan jin yang sebelumnya berlagak tahu segalanya tentang hal yang gaib-gaib.


Semoga artikel singkat ini tentang kisah sulaiman kita dapat mengambil pelajaran.

kisah nabi sulaiman kisah hidup syekh yusuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar