Sabtu, 21 November 2015

peran ulama dalam sejarah islam indonesia

dalam sejarah islam indonesia peran ulama wali songo tidak dapat dikesampingkan, ia mempunyai andil yang sangat besar dalam perkembangan agama islam di indonesia. adapun nama-nama wali tersebut adalah sebagai berikut:



1. sunan gresik (maulana malik atau syekh maulana mghribi)
ulama-ulama wali songo
sunan gresik berasal dari Pasai dan datang di Jawa pada  tahun 1404. pada mulanya muridnya hanya para pedagang Gujarat. Namun akhirnya banyak juga penduduk asli menjadi muridnya. Ia dikenal seseorang yang dermawan dan berbudi pekerti halus. ia wafat pada 1419 dan dimakamkan di Gresik, Jawa Timur.

2. sunan ampel (raden rahmat)
ia adalah putra maulana malik ibrahim dan istrinya bernama dewi canrawulan. kemudian sunan ampel mendirkan pesantren di sebuah desa, dekat surabaya. dari pesantren ini lahirlah ulama-ulama seperti sunan giri atau raden paku, raden fatah, yang merupakan raja pertama kerajaan demak, raden makhdum ibrahim (putra sunan ampel) yang lebih dikenal dengan nama sunan bonang, sunan drajat atau syarifuddin, dan maulana isyak. ulama-ulama inilah yang kemudian menyebarkan islam di tanah jawa.

3. sunana bonan (raden maulana makhdum ibrahim)
sunana bonan banyak belajar islam di pasai yang merupaka daerah pertama yang menerima islam. kemudian ia pergi ke tuban, jawa timur unuk berdakwah dan menyebarkan islam dengan cara mendirikan pesantren. ia adalah penipta gendhing pertama dalam islam, yakni  tembang durma

4. sunan giri (raden paku)
ia merupakan anaka dari maulana ishak dan melakukan dakwah di sekitar giri. ia juga mengirm ulama ke madura, bawean, kangean untuk menyebarkan islam.sunan giri menggunakan permainan yang berjiwa agama untuk mendidik anak. misalnya jelungan, jamuran, lir ilir dan cuplak-cuplak suweng.

5. sunan drajat (raden syarifuddin)
raden syarifuddin merupakan putra sunan ampel dari istrinya yang bernama dewi candrawati. ia bersaudara dengan sunan bonang. sunan drajat berjiwa sosial yang tinggi. ia berdakwah dengan cara banyak membantu masyarakat berupa menyantuni fakir miskin, anak yatim dan menganjurkan gotong royong.

6. sunan kalijaga (raden mas syahid)
ia adalah putra dari raden sahur tumenggung wilatikta yang pernah menjadi bupati tuban. ia menyebarkan islam dengan cara berpindah-pindah dari tempat ke tempat yang lain pada masa kesultanan demak. ia juga berjasa dalam pengembangan wayng kulit yang becorak islam dan menciptakan cerita wayang yang berafaskan islam mengenai etika.

7. sunan kudus (raden undug)
raden undug menyebarkan agama islam di kudus dan sekitarnya, selain berdakwah beliau juga merupakan panglima perang kesultanan demak. salah satu peningglannya yang paling bersejarah adalah masjid menara kudus

8. sunan muria (raden umar said)
ia lebih banyak melakukan dakwah islam di pedalaman pulau jawa. di pedalaman gunung muria merupakan tempat beliau melakukan dakwah islam. ia buka kursus untuk pedagang, nelayan dan rakyat biasa dalam melakukan dakwah.

9. sunan gunung jati (raden syarif hidayatullah)
raden syarif hidyatullah banyak melakukan dakwah di jawa barat. daerah dakwahnya meliputi majalengka, sunda, kuningan, kawali dan banten.
ia merupakan cucu dari raja pajajaran yaitu prabu siliwangi. beliau juga mendirikan kesultna cirebon  dan dinasti kerajaan banten.

inilah sembilan ulama dalam pengembangan agam islam di tanah jawa yang dikenal dengan nama wali songo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar